0

Artikel Tentang Fenomena Pasar Modal Di Indonesia

Perkembangan Pasar Modal Di Indonesia

Era yang semakin canggih ini rupanya tidak sepenuhnya membawa hal baik pada masyarakat indonesia. Pasalnya banyak hambatan-hambatan perekonomian yang kian muncul. Peralihan arus dana oleh pihak yang surplus (kelebihan dana) kepada yang mengalami defisit (kekurangan dana) terasa semakin cepat.

Siapa yang tidak pernah mendengar kata investasi ?, mendengar tentunya pasti, namun, bagi orang awam seperti kita, investasi hanya tentang penanaman modal. Lebih menakutkan dari pengertian sederhana itu.

Saat ini investasi sudah dilakukan antar negara, dan banyak sekali oknum-oknum asing yang menginvestasikan dana mereka pada instrumen pasar modal di Indonesia. Hal ini memang menguntungkan bagi Indonesia. Namun, perlu diperhatikan bahwa secara bertahap hal ini akan menghancurkan bangsa kita sendiri.

Para investor asing tentunya mempunyai motif utama. Membantu perekonomian dinegara berkembang seperti Indonesia hanyalah motif klise yang mereka jadikan kerangka luarnya.

Tentunya mereka mengharapkan segala sumber daya alam yang dimiliki negara tersebut dapat dikuasai untuk kemudian diolah demi kepentingan mereka pribadi, mencari sumber pasar baru dan meminimalkan biaya yang akan mereka keluarkan.

Jenis Organisasi Dalam Pasar Modal

SebagaiĀ  wadah melakukan investasi, anda tentu perlu mengenal siapa saja pelaku yang ada dalam pasar modal. Jika pasar pada umumnya hanya mempertemukan penjual dan pembali, lain halnya dengan pasar modal ini.

Berikut bagian-bagian dan para pelaku yang terlibat dalam pasar modal:

1. Self Regulatory Organization

Selft Regulatory Organization merupakan kumpulan organisasi yang di isi oleh pihak-pihak penyimpan dana masyarakat. Terdapat tiga jenis self regulatory organization, yaitu :

  1. Bursa Efek Indonesia
  2. Kliring Penjamin Efel Indonesia
  3. Kustodian Sentral Efek Indonesia

2. Pelaku Pasar Modal

Para pelaku dalam pasar modal terbagi atas 2 jenis, yaitu :

  1. Emiten (penerima modal)
  2. Investor (pemilik modal)
  3. Perusahaan Efek

Perusahaan efek adalah organisasi yang menjalankan kegiatan usaha yang terjadi dipasar modal. Posisi dalam perusahaan efek pun beragam, antara lain :

  1. Perantara Pedagang Efek
  2. Penjamin Emisi Efek
  3. Manager Investasi

Selain ada juga Trader yang melakukan sendiri transaksi2 yang ada, trader adalah pelaku dalam pasar modal yang berteransaksi membel ketika harga sedang berada di bawah dan menjualnya ketika harga sedang naik, namun pelaku pasar juga melakukan hal tersebut atas dasar pengetahuan yang sudah ia dapatkan. Belajar trading tidaklah semudah yang terlhat, banyak hal yang perlu di pelajarin agar pelaku pasar dapat meraup keuntungan yang maksimal dari pasar modal.

Dinly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *