0

Tips Merangkai Bunga Bagi Pemula yang Wajib Diketahui


Sedang merangkai bunga

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat ruangan menjadi lebih hidup dan menambah suasana menyegarkan adalah dengan menaruh rangkaian atau karangan bunga. Selain untuk menyalurkan hobi, merangkai bunga juga dapat mengurangi stres karena dengan merangkai bunga kita akan berlatih berpikir dengan kreatif, seperti bagaimana memadukan jenis bunga, menentukan warna, maupun menentukan polanya. Merangkai bunga juga bisa menjadi alternatif bidang usaha baru yang bisa kamu geluti. Warna dan aroma yang dimiliki bunga terbukti dapat menumbuhkan rasa bahagia dan membuat pikiran menjadi rileks.

Baca Juga: Toko bunga Surabaya


Jika selama ini kamu selalu membeli karangan bunga, pernahkah terpikir untuk merangkainya sendiri? Mulai dari memilih jenis bunga, menentukan ornamen hias apa yang akan dipakai, dan lain sebagainya? Jika belum pernah, mungkin kamu bisa memulainya dari sekarang. Berikut adalah tips merangkai bunga yang wajib diketahui pemula.

  • 1. Siapkan Alat-alat yang Dibutuhkan
    Sama seperti memasak, untuk merangkai bunga juga diperlukan ‘alat tempur’ sebagai berikut:
  • Gunting. Peran gunting di sini adalah untuk memotong tangkai bunga yang terlalu panjang untuk dimasukkan ke dalam vas.
  • Vas bunga. Vas diperlukan untuk menaruh rangkaian maupun karangan bunga. Tapi tidak harus membeli baru atau menggunakan vas yang mahal, kok. Kamu bisa memanfaatkan botol atau stoples bekas untuk dijadikan vas, atau aneka jenis keranjang kecil. Manfaatkan saja bahan yang ada. Hal ini juga dapat mengurangi sampah anorganik.
  • Plant-food. Sama seperti makhluk hidup yang lain, bunga juga perlu diberi makan agar dapat tumbuh dengan baik. Banyak jenis plant-food yang dapat kamu temukan di supermarket atau toko bunga.
  • Air. Setelah diberi makan berupa plant-food, bunga juga harus diberi minum, dong, agar tidak ‘seret’ dan selalu terlihat segar.
  • Bunga sesuai selera. Dalam membuat karangan bunga yang bagus, kamu membutuhkan bunga utama, bunga pendamping, dan tanaman berwarna hijau sebagai pemanis.


2. Pilih Vas yang Sesuai

Jika kamu ingin membuat karangan bunga dengan warna yang netral, dapat menggunakan vas bunga yang penuh warna. Sebaliknya, jika karangan bunga yang kamu buat adalah bunga dengan warna cerah dan cukup mencolok, taruhlah di vas dengan warna yang lebih lembut agar tidak terlihat terlalu ramai. Sesuaikan juga dengan ukurannya, apakah kamu ingin membuat karangan bunga di dalam vas berukuran besar, sedang, atau kecil.


3. Beli Lebih Banyak Bunga Dari yang Kamu Butuhkan

Beberapa jenis bunga memang tidak tahan lama dan akan mudah layu sebelum kamu sempat merangkainya. Maka dari itu untuk menghemat waktu dan tenaga, kamu bisa memilih lebih banyak bunga dalam sekali beli. Sstt, membuat karangan maupun rangkaian bunga juga bukanlah perkara mudah, lho, untuk pemula. Jadi jika percobaan pertama gagal, kamu bisa mencobanya lagi dengan menggunakan bunga cadangan.

Memberikan karangan bunga adalah salah satu cara untuk menyampaikan rasa kasih sayang, terlebih di Hari Valentine yang tinggal menghitung beberapa hari lagi. Jika kamu senang memberikan hadiah buatan sendiri untuk yang terkasih, maka membuat karangan bunga adalah salah satu alternatifnya. Merangkai bunga memang bukan perkara mudah, namun jika prosesnya dinikmati akan menemukan sisi asyiknya tersendiri. Hadiah buatan sendiri juga terlihat lebih bernilai di mata orang lain.
Jadi untuk kamu yang baru ingin belajar merangkai bunga, tips di atas dapat dijadikan batu loncatan dalam berkecimpung di dalam dunia bunga. Semoga membantu dan selamat mencoba! Kunjungi www.bloomsflora.com toko bunga terbaik di Indonesia.

Dinly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *