0

Kesalahan Pebisnis Pemula Dalam Berbisnis via Media Sosial

Mempromosikan usaha melalui media sosial merupakan upaya tepat untuk mendulang banyak konsumen. Pasalnya media sosial sarana yang paling banyak digunakan orang untuk berinteraksi. Dari banyaknya pengguna inilah anda bisa meraup keuntungan lebih. Sayangnya dari kemudahan ini, banyak pebisnis pemula yang justru tumbang ketika berpromosi di media sosial. Padahal secara perhitungan jumlah pengikut dan teman pun cukup banyak.

Namun usaha dalam promosinya mentah sehingga tidak menghasilkan apapun. Tentu saja hal tersebut mesti anda hindari. Oleh sebab itu anda wajib tahu apa saja kesalahan para pebisnis pemula dalam berpromosi via media sosial. hal ini bertujuan agar anda tidak melakukan kesalahan serupa. Promosi pun menjadi tepat sasaran sehingga tidak membuang waktu dan biaya. Berikut ulasan selengkapnya untuk berbagai kesalahan pebisnis pemula dalam berpromosi di media sosial.

Berbagai Kesalahan Pebisnis Pemula di Media Sosial

1. Hanya ikut-ikutan

Hanya karena ikut-ikutan justru akan membuat bisnis anda stagnan bahkan cepat gulung tikar. Pasalnya karena faktor tersebut anda tidak tahu bagaimana cara membangun bisnis yang tepat dan memikirkan konsep pemasaran yang tepat. tidak adanya teknik yang tepat membuat pemasaran menjadi sia-sia dan belum tentu akan memberi hasil yang sama dengan bisnis oranglain yang anda tiru. Kesalahan ini kadang terjadi pada pebisnis souvenir pernikahan.

2. Tidak memperhatikan konten

Konten yang kreatif merupakan kunci untuk menarik perhatian calon pembeli. Bagi pebisnis pemula kebanyakan tidak memperhatikan bagaimana kualitas konetn jualan yang diposting. Hal ini akan membuat followers jenuh dan tidak tertarik dengan apapun yang anda sediakan. Cobalah kreatif dan buat konten semenarik mungkin. Dari caption, foto, dll.

3. Kurang responsif

Semua pembeli menginginkan penjual online yang responsif. Karena kebutuhan mereka untuk memiliki barang secara cepat. jangan sampai terlambat merespon pesan dari konsumen. jika anda terlambat setidaknya sertakan permintaan maaf dan alasannya. Biasanya pebisnis akan mencantumkan nomor telfonnya namun pembeli lebih tertarik mengirim pesan secara langsung melalui akun media sosial anda.

4. Tidak menganalisis audiens

Untuk saat ini sosial media sudah dilengkapi fitur canggih. Salah satunya Insights yang biasanya ada pada profil akun bisnis. Manfaatkan fitur tersebut untuk mengenal demografi dan perilaku audiens anda. dengan data yang disampaikan pihak media sosial anda bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk promosi, melakukan siaran, dll agar hasilnya lebih tepat sasaran.

5. Minim interaksi

Jangan mengesampingkan fungsi utama sosial media yaitu sebagai tempat untuk berinteraksi satu dengan lainnya. jangan segan untuk sekedar membubuhkan Like, komen atau sharing status yang sekiranya bermanfaat. Adanya interaksi dengan followers atau teman tentu akan meningkatkan kredibilitas anda sebagai pebisnis dan membuat postingan anda selalu muncul di beranda mereka. Nah, kadang kesalahan ini dilakukan oleh pebisnis rental motor jogja.

Itu dia beberapa kesalahan dalam berbisnis via media sosial yang umumnya dilakukan pemula. semoga kita bisa belajar dari kesalahan tersebut. semoga bermanfaat.   

Dinly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *