0

Cara Merawat Gigi Anak Balita Dengan Tepat

Beberapa Cara Merawat Gigi Anak Balita Dengan Tepat dan Benar. Melarang anak untuk makan makanan yang manis sepertinya bukanlah perkara yang mudah. trulum Sebaliknya anak akan semakin penasaran dan ingin mencoba jika terus-terusan dilarang.  Apalagi jika yang dilarang adalah seorang anak balita.

Tentu anda harus lebih extra sabar bukan? Ya, melarang anak balita hanya akan membuatnya jadi semakin “stres”. Ini karena anak anda merasa tidak diperbolehkan untuk melakukan apa yang dia inginkan. Sementara anda terus merasa khawatir karena giginya dapat rusak akibat makanan manis. Karena kita tahu bahwa makanan manis merupakan salah satu faktor penyebab gigi rusak.

Tentu anda tidak ingin ini terjadi pada anak anda bukan? Tenang saja, anda tidak perlu terus melarangnya, anda dapat membantunya untuk tetap memiliki gigi sehat tanpa perlu melarangnya makan makanan manis. Sebaiknya ajaklah dia untuk rajin menyikat giginya. Pada usia balita, anak suka meniru bukan? manfaatkanlah moment ini untuk melakukan kebiasaan baik padanya.

Cara Merawat Gigi Anak Balita Dengan Tepat

Membiasakan anak untuk menyikat gigi adalah salah satu hal kecil yang dapat anda lakukan sebagai orang tua. Sebab ini akan membantu mencegah kerusakan yang lebih parah pada gigi anak anda. Maka rajinlah memantau perkembangan anak anda termasuk perkembangan pada giginya. Adapun cara merawat gigi anak balita dengan tepat yang dapat anda lakukan adalah seperti berikut ini.

Bersihkan gigi anak.Saat anak anda masih berusia bayi sebaiknya rajinlah untuk membersihkan gusi anak anda. Anda dapat melakukannya dengan kain kasa setelah menyusui. Lakukan ini secara lembut dan teratur. Jadi kondisi kesehatan gigi anak anda tetap bersih dan ia pun tidak merasa kesakitan.

  • Pehatikan cara anak minum susu.Ini juga harus anda perhatikan. Sebab membiarkan anak anda menyusui dengan botol terlalu lama, maka akan merusak pertumbuhan giginya. Sebaiknya hindari anak minum susu pada botol saat tidur.
  • Saat gigi susu pertama goyang, jangan langsung dicabut.Saat gigi susu pertama anak anda goyang, sebaiknya jangan buru-buru untuk mencabutnya. Tanyakan dan periksalah dulu pada dokter, langkah apa yang baik untuk mengatasinya.
  • Latih anak minum dengan gelas.Biasakan anak anda untuk minum dari gelas. Mulailah ajari anak anda minum dari gelas saat dia sudah berusia satu tahun. Ini adalah salah satu cara yang cukup efektif dalam merawat gigi balita anak anda.
  • Ajak anak untuk sikat gigi secara teratur. Ajaklah anak anda untuk selalu menyikat giginya secara teratur. Latih dia untuk terus melakukan kebiasaan baik ini sampai besar. Dengan demikian anak anda akan mengingat kebiasaan ini sampai dia tua. Jangan mengajaknya sikat gigi saat mau tidur saja, tetapi juga sebelum makan ataupun sesudah mandi.
  • Pergi ke dokter gigi secara rutin. Ajaklah anak anda untuk pergi ke dokter gigi secara rutin. Jangan menunggu sampai gigi anak anda merasa sakit. Sebab ia akan trauma sampai dewasa jika pergi ke dokter gigi hanya saat sakit gigi. Sebaiknya periksakan gigi anak anda saat gigi pertamanya belum tumbuh atau paling tidak saat ulang tahun pertamanya.

Itulah cara merawat gigi anak balita dengan tepat dan benar. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi anda dan kita semua.

Dinly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *