0

Sedot WC Mojokerto – Apa itu Septik Tank dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Sedot WC Mojokerto – Apa itu Septik Tank dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Sistem septik memenuhi fungsi penting bagi banyak rumah dan bisnis, terutama di daerah pedesaan, meskipun banyak orang tidak tahu bagaimana cara kerjanya. Sementara Septik tank biasanya sistem perawatannya rendah, mereka bisa menjadi sangat rumit dan mahal jika terjadi kesalahan. Pengetahuan dasar penting bagi siapa saja yang ingin menghindari masalah di masa depan dengan Septik tank mereka.



Sistem septik adalah sistem pengolahan limbah skala kecil yang digunakan di area yang tidak terhubung ke sistem pembuangan limbah yang dioperasikan oleh pemerintah atau perusahaan swasta. Mereka sering digunakan oleh rumah dan pertanian di daerah pedesaan di mana terlalu mahal untuk terhubung ke saluran pembuangan limbah yang jauh. Sistem septik bekerja dengan memompa air limbah dari kamar mandi, dapur, dan fasilitas binatu ke dalam tangki limbah, yang memproses limbah dan kemudian membubarkannya ke ladang drainase septik.

Septik tank adalah bagian penting dari sistem septik. Ini pada dasarnya adalah tangki air yang menampung antara 4000 dan 7500 liter air limbah. Ini biasanya terkubur di bawah tanah dan terhubung ke pipa saluran masuk di satu ujung (untuk pembuangan limbah masuk) dan bidang drainase septik di sisi lainnya (agar air limbah yang disaring mengalir keluar). Tangki septik modern biasanya memiliki dua ruang, dipisahkan satu sama lain oleh dinding pemisah yang memiliki bukaan di tengah antara bagian atas dan bawah tangki.

Pertama, air limbah masuk ke ruang pertama tangki limbah. Padatan mengendap di dasar, dan buih mengapung ke atas. Beberapa padatan di bagian bawah akan terurai dan mengapung ke dalam air. Cairan akan bergerak dari bilik pertama ke bilik kedua melalui bukaan di dinding pembagi, meninggalkan padatan dan buih di bilik pertama. Di ruang kedua, lebih banyak penyelesaian terjadi. Cairan ini sekarang hampir jernih dari proses pengendapan dan mengalir dari tangki ke bidang drainase septik (juga dikenal sebagai bidang pelindian atau bidang rembesan).

Bidang drainase septik terdiri dari parit yang berisi pipa berlubang dan semacam bahan berpori (seperti kerikil). Ini kemudian ditutupi oleh lapisan tanah, yang mencegah hewan dari melakukan kontak dengan air limbah. Air limbah disebarkan melalui pipa berlubang dan mengalir melalui kerikil, yang selanjutnya menghilangkan kontaminan dan kotoran. Air murni dimasukkan kembali ke lingkungan melalui akar tanaman dan penguapan.

Sistem septik dapat berjalan sepenuhnya pada gravitasi, jika kondisinya benar. Jika topografi tidak kondusif untuk sistem septik bertenaga gravitasi, pompa dapat diperkenalkan.

Sebagian isi tangki limbah tidak akan terurai; oleh karena itu penting untuk mengosongkan tangki sesekali. Jika tangki tidak dipompa, tangki septik dapat mengisi dengan zat yang tidak dikomposisi yang akan dipompa ke bidang drainase. Ini dapat menyebabkan masalah lingkungan serta perbaikan yang mahal. Seberapa sering tangki perlu dipompa bersih bervariasi tergantung pada ukurannya, jumlah orang yang menggunakannya dan suhu luar. Karena ada begitu banyak variabel, tidak ada aturan praktis tentang seberapa sering tangki harus dipompa: beberapa membutuhkannya setiap beberapa tahun sementara yang lain bisa berjalan antara 10 dan 20 tahun tanpa memompa. Mintalah seorang profesional memeriksa tangki Anda untuk memberi tahu Anda kapan perlu dipompa.


Rejo Mulyo Jasa Sedot WC Mojokerto

Dinly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *